Hasil analisis faktor eksternal berdasarkan matrik EFE diperoleh hasil bahwa strategi perusahaan yang diterapkan dalam meraih peluang pasar obat generik yang ada efektif, sehingga diharapkan mampu meningkatkan volume penjualan obat generik sesuai target yang ditetapkan. Sedangkan berdasarkan hasil analisis faktor internal dengan menggunakan matrik IFE diperoleh hasil bahwa perusahaan memiliki kompetensi inti dan sumber daya yang cukup untuk mendukung pemasaran obat generik.

Dengan menggunakan matrik TOWS diperoleh strategi bersaing obat generik sebagai berikut :

(a) Strategi yang memanfaatkan seluruh potensi kekuatan untuk merebut dan memanfaatkan peluang sebesar-besarnya. Jenis strategi-strategi alternatif yang masuk ke dalam kelompok ini terdiri dari ; menerapkan strategi penetrasi pasar, menggunakan saluran distribusi yang telah establish.

(b) Strategi yang bertujuan untuk memperkecil kelemahan internal perusahaan dan memanfaatkan peluang-peluang eksternalnya. Jenis strategi yang masuk kedalam kelompok ini adalah menerapkan strategi keunggulan biaya.

(c) Strategi yang berusaha menggunakan kekuatan-kekuatan yang dimiliki perusahaan untuk mengurangi dampak dari ancaman-ancaman eksternalnya. Jenis strategi yang masuk kedalam kelompok ini terdiri dari ; strategi pengembangan produk dan pembuatan perencanaan berupa peta arsitektur informasi obat generik.

(d) Strategi bertahan yang diarahkan guna mengurangi kelemahan-kelemahan internal serta menghindari ancaman-ancaman lingkungannya. Jenis strategi yang termasuk kelompok ini adalah strategi promosi yang efektif.

Berdasarkan strategi bersaing yang disusun menggunakan matrik TOWS, maka selanjutnya ditetapkan rencana implementasi strategi yang didukung oleh aktivitas-aktivitas pendukungnya baik teknis maupun sumber daya manusia berikut rencana tindakannya.

Upaya memperbaiki persepsi konsumen terhadap kualitas obat generik serta mengembangkan strategi-strategi alternatif yang disusun dalam aktualisasi pelaksanaannya harus diterapkan dan dilakukan secara terintegrasi satu dengan yang lainnya sehingga memungkinkan dihasilkannya suatu strategi yang mampu menghadapi persaingan bisnis obat generik.

date Sabtu, 07 Mei 2011

0 komentar to “STRATEGI PT KIMIA FARMA”

Leave a Reply: